Kabupaten Probolinggo

Kabupaten Probolinggo

Kabupaten ProbolinggoProbolinggo merupakan Sebuah Kabupaten di Jawa Timur dengan ibukota pemerintahannya berada di Kraksaan, problinggo berbatasan langsung dengan kota Situbondo, Pasuruan, Lumajang, dan Jember, Probolinggo di kelilingi oleh beberapa gunung seperti Gunung Semeru, Gunung Bromo dan Gunung Argopuro.

Semboyan yang melekat pada Kabupaten Probolinggo adalah “Prasadja Ngesti Wibawa”. Semboyan ini tidak lain mempunyai arti, makna yang terkandung dalam semboyan ini adalah, Prasadja berarti : bersahaja, blaka, jujur, bares, dengan terus terang, sedangkan NGESTI berarti : menginginkan, menciptakan, mempunyai tujuan, untuk WIBAWA sendiri mempunyai arti: mukti, luhur, mulia. Jika dipadukan menjadi satu “Prasadja Ngesti Wibawa” artinya: Dengan rasa tulus ikhlas (bersahaja, jujur, bares) menuju kemuliaan.

Probolinggo terdiri dari beberapa suku yaitu Suku Madura, Jawa, dan suku Tengger, dengan sebagaian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dengan presentase 62% dan sebagian bermata pencaharian sebagai Pengusaha, Nelayan, dan juga pedagang. Walaupun probolinggo berada di wilayah Jawa Timur namun bahasa interaksi umum yang dipakai disana menggunakan bahasa Madura, karena memang sebagian besar masyarakatnya berasal dari Madura.

Kabupaten Probolinggo terkenal akan keindahan wisata alamnya, banyak destinasi wisata terbaik yang sering dikunjungi oleh wisatawan baik itu dari dalam negri dan dari Luar Negri, Dibawah ini terdapat 4 ulasan tentang destinasi wisata yang wajib anda kunjungi selama anda berada di Kabupaten Probolinggo:

  1. Gunung Bromo.
    Gunung Bromo merupakan sebuah gunung akif yang paling terkenal tidak hanya di Jawa Timur tapi juga di Indonesia. Gunung Bromo yang berasal dari bahasa sansekerta yaitu BRAHMA merupakan sebuah nama dewa dari agama Hindu. Gunung Bromo tidak hanya berada di kawasan kabupaten Probolinggo, Bromo juga berada di perbatasan Kab. Pasuruan, Malang dan Lumajang. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) dengan penduduk asli dikenal dengan nama SUKU TENGGER, dengan menganut kepercayaan kepada agama Hindu. Gunung Bromo yang menjadi tujuan wisata dunia ini mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat) dan garis berbahaya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.
  2. Air Terjun Madakaripura.
    Air Terjun Madakaripura adalah air terjun yang juga berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, letaknya yang tidak jauh dari wisata gunung Bromo tepatnya berada di Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur ini juga menjadi destinasi wisata favorit di Jawa Timur. Air terjun Madakaripura mempunyai ketinggian 200 m dari permukaan tanah serta berbentuk ceruk yang dikelilingi banyak tebing-tebing yang menjulang tinggi dengan pemandangan yang sangat luar biasa.
  3. Arung Jeram Sungai Pekalen.
    Sungai pekalen merupakan lokasi terbaik untuk melakukan olahraga arung jeram. Sungai ini berada didesa Ranu Gedang Tiris, kabupaten Probolinggo Jawa Timur. sungai ini dikenal dengan arus yang sangat deras dan kuat, dengan Badan sungai yang dapat digunakan berjarak sampai 29 km. Meski terletak cukup jauh dari kota Probolinggo yaitu 29km tapi sungai Pekalen ini adalah salah satu andalan objek pariwisata di Probolinggo.
  4. Pantai Bentar.
    Wisata pantai bentar adalah wisata pantai yang terletak di Jalur Pantura, Mayangan, Probolingo, Jawa Timur. Obyek wisata ini merupakan wisata unggulan Probolinggo setelah wisata air terjun Madakaripura dan gunung Bromo. Wisata Pantai Bentar dikenal dengan keindahan sunsetnya yang bisa dinikmati dari jembatan dermaga yang cukup panjang. Tempat ini juga menjadi salah satu lokasi favorit sebagai tempat foto Pre Wedding terbaik.

Selain 4 destinasi wisata diatas, wisata lain yang berada di kabupaten Probolinggo adalah Gunung Argopuro, Pulau Gili Ketapang, Ranu Segaran, Candi Jabung dan masih banyak lagi wisata yang amat menarik lainnya, untuk kuliner sendiri probolinggo memiliki makanan khas yaitu Nasi Glepungan, Sirup pokak, keripik kentang dan lainnya.

Kabupaten Probolinggo

Jika anda penasaran dengan kota Probolinggo dan keindahan Alamnya silahkan anda bisa mengunjungi secara langsung untuk menikmati objek wisata yang ada disana.