Paket Pendakian kumbolo, gunung Bromo dan kawah Ijen

Paket Pendakian kumbolo, gunung Bromo dan kawah Ijen

Paket Pendakian kumbolo, gunung Bromo dan kawah IjenSebelumnya sudah saya tawarkan untuk paket kombinasi yaitu paket pendakian ranu Kumbolo dan gunung Bromo yang memiliki durasi tour 3 hari dan 2 malam, namun jika tour tersebut merasa kurang, paket tersebut bisa ditambah dengan mengunjungi wisata kawah Ijen yang berada di banyuwangi ini yang kami beri nama Paket Pendakian kumbolo, gunung Bromo dan kawah Ijen.

Dalam paket wisata ini akan banyak spot menarik yang akan membuat anda terbuai akan keindahan alamnya, namun untuk menggunakan Paket Pendakian kumbolo, gunung Bromo dan kawah Ijen ini diperlukan mental dan fisik yang kuat, karena dari beberapa tempat yang akan dikunjungi ini adalah mendaki, dan jalur yang akan di daki memerlukan banyak tenaga.

Lantas bagaimana untuk rincian acara dari awal tour sampai selesai selama 4 hari 3 malam ini, berikut ulasan lengkapnya.

Perjalanan hari pertama: Pendakian ranu Kumbolo
Pertama kali tour akan dimulai dengan mendaki ranu Kumbolo, pendakian ini akan dimulai dari desa Ranu pani, sebelumnya para peserta akan dijemput dari kedatangan di kota Malang menuju desa Ranu Pani. Perjalanan dari Malang menuju desa tersebut membutuhkan waktu 3 jam berkendara. Selama itu para peserta akan disuguhkan oleh keindahan alam yang begitu menarik sampai desa Ranu Pani.

Para peserta yang mendaki ke Ranu kumbolo, tidaklah sendirian, akan ada pemandu wisata dan porter yang akan melayani selama tour pendakian berlangsung. Keindahan pemandangan alam selama pendakian tidak akan pernah membuat anda merasa bosan. Tidak salah jika ranu kumbolo dijadikan destinasi wisata terbaik di Jawa Timur.

Tiba di Ranu kumbolo, saatnya anda menikmati sajian wisata alam yang begitu mempesona, untuk dapat melihat keindahan matahari terbit, para peserta di haruskan untuk berkemah 1 malam di dekat danau kumbolo.

Perjalanan hari kedua: Kumbolo sunrise
Setelah istirahat selama 1 malam penuh, kini saatnya anda bisa menikmati matahari terbit Kumbolo atau Kumbolo Sunrise. Anda harus bangun jam 04.30. Sambil menunggu matahari terbit, anda akan disugukan dengan teh atau kopi hangat sembari menikmati heningnya suasana di ranu Kumbolo. asik kan !. Tidak hanya itu anda tidak perlu mencari tempat kesana kemari untuk melihat matahari terbit, karena matahari yang akan muncul bisa anda saksikan dari depan tenda anda.

Selepas menikmati keindahan matahari terbit kumbolo, saatnya meng explore kawasan Kumbolo sampai merasa puas. setelah itu anda dapat berkemas dan kembali turun ke desa Ranu pani. Disana sudah ada jeep yang telah menunggu anda untuk megarahkan perjalanan anda menuju ke desa Cemoro Lawang.

Selama 1 jam perjalanan anda bisa memanfaatkan untuk berkunjung ke padang Rumput savanna dan Pasir Berbisik, disana anda bisa menikmati keindahan alam yang di sugukan oleh Bromo. Tiba di desa Cemoro lawang dan anda bisa langsung istirahat di hotel yang telah kami pesan.

Perjalanan hari ke 3: Bromo sunrise tour – Kawah Ijen
Suatu hal yang paling di tunggu – tunggu ketika di Bromo adalah melihat matahari terbit, para peserta harus bangun pagi – pagi sekali yaitu Jam 03.00 hanya untuk berburu sunrise. Berburu sunrise dilakukan dengan mengendarai jeep. Jeep tersebut akan membawa anda menuju ke puncak Penanjakan, di sanalah para wisatawan berkumpul untuk bisa melihat matahari terbit yang begitu memukau.

Setelah melihat pesona matahari terbit Bromo, trip dilanjutkan menuju ke lautan pasir, dari parkiran Jeep anda bisa berjalanan kaki atau menunggang kuda sebagai alternatif lain untuk dapat sampai di kawah Bromo, setelah melihat langsung kawah bromo, kemudian perjalanan dilanjutkan menuju restorant hotel, disana anda bisa menikmati sarapan pagi sambil menikmati suasana Bromo.

Setelah berkemas dan istirahat maka perjalanan akan dilanjutkan menuju ke Kawah Ijen, butuh waktu 5 jam untuk tiba di desa yang akan dituju yaitu desa Blawan. Setelah tiba di desa tersebut para peserta bisa langsung istirahat atau jalan – jalan sekitar hotel untuk mengenal lebih dekat dengan penduduk setempat.

Perjalanan hari ke empat: Menikmati Api Biru Kawah Ijen
Target utama di kawah Ijen adalah melihat proses terjadinya Api Biru, untuk bisa melihat fenomena yang hanya terjadi pada malam hari ini, para peserta harus berangkat dari hotel jam 01.00 malam. Tempat yang akan dituju pertama kali adalah Paltuding, sebuah lokasi awal untuk mendaki kawah Ijen.

Mendaki ke puncak kawah Ijen akan di pandu oleh pemandu wisata lokal, hal ini dilakukan karena hanya mereka yang tahu tentang medan selama pendakian menuju lokasi api Biru. Setelah 2 jam pendakian anda bisa langsung melihat keindahan Api biru, jangan lupa membawa masker gas, soalnya asap belerang di kawah Ijen ini memiliki bau yang tidak sedap serta beracun. Setelah menikmati semua keindahan yang di sugukan oleh kawah Ijen, saatnya untuk kembali ke hotel untuk berkemas atau mandi di kolam air hangat.

Travel dilanjutkan menuju pulang ke kota masing – masing, akhirnya Paket Pendakian kumbolo, gunung Bromo dan kawah Ijen pun selesai di taklukkan.

Paket Pendakian kumbolo, gunung Bromo dan kawah Ijen

paket wisata yang kami ditawarkan diatas memiliki harga yang sangat terjangkau untuk travel budget anda, tidak hanya itu ada beberapa fasilitas lengkap yang bisa anda nikmati selama perjalanan, fasilitas itu mencakup:
– Private transportasi (Antar Jemput para pendaki)
– Private Jeep 4wd (Ranu Kumbolo ke gunung Bromo)
– Private Jeep 4WD untuk Bromo Sunrise Tour
– Biaya hotel 1 malam di Bromo termasuk sarapan pagi
– Biaya hotel 1 malam di kawasah Ijen termasuk sarapan
– Biaya 1 malam kemping di Ranu Kumbolo Semeru
– Biaya masuk kumbolo, Bromo, dan kawah Ijen
– Porter yang membawa logistik dan tenda
– Tenda + Sleeping bag
– Air Mineral
– Peralatan memasak
– Sarapan, makan siang dan makan malam selama pendakian ke Ranu Kumbolo

Adapun biaya paket diatas tidak termasuk:
– Tip
– Asuransi perjalanan pribadi